Ugh, Blog-ku Kena Hack??

Hari ini diawali dengan cukup buruk, yakni aku terlambat 1 menit ke kantor 🙁 Yup hanya 1 menit, tapi kan tetap saja itu telat T_T) Kemudian, seperti biasa, setiap pagi aku melakukan rutinitas mengecek email dan traffic dari blog-blogku. Alamaak!!! Blog Warcraft Map ku kunjungannya 0 alias nihil. Baru kali ini kunjungannya 0 pada pagi hari, biasanya sih walaupun tidak terlalu banyak tapi ga pernah sampai menyentuh angka 0. Mula-mula aku sangka memang sedang sepi dan tidak ada yang pengen berkunjung. Tetapi waktu aku iseng-iseng membuka blog ku, ternyata blog itu berisi pesan 500 Internal Server Error! Waduh, jujur saja, saya masih pemula sebagai webmaster. Sebelumnya hanya ngeblog lewat Blogger, yang notabene semua keamanan diurus dari sononya.

Mula-mula aku kira hal ini karena jatah bandwithku melebihi batas, maklum, Warcraft Blog ku menawarkan download direct 😀 Langsung saja aku cek blogku yang lain, tapi ternyata baik-baik saja. Kemudian, dengan sedikit bingung, aku coba uninstall plugin WordPress yang baru saja kupasang kemarin. Tapi ternyata masih saja error saudara-saudara. Hosh-hosh..

Selanjutnya instingku mengatakan untuk mengecek file .htaccess pada blogku itu. Dan bingo! Aku merasakan kejanggalan pada file .htaccess ku. Ada beberapa baris yang sedikit kacau. Aku tidak tahu apa yang menyebabkan hal itu, tetapi langsung saja aku kembalikan ke semula. Dan Alhamdulillah Warcraft Blogku kembali lancar. Pengalaman ini membuatku sadar akan pentingnya chMod pada file-file penting di blog anda. Jika anda tidak ingin mengalami hal yang sama, ubah mod file htaccess anda menjadi 644.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *