Upgrade Hosting ke VPS

Huff.. Setelah beberapa kali men-disable script saya di Warcraft Blog, nampaknya pihak Lunarpages sudah habis kesabarannya. Dampaknya, akunku dipindah ke server sementara dan diberi waktu 72 jam untuk pindah atau mengupgrade server. Akun saya divonis sudah tidak memungkinkan berada di shared hosting. Olala..

Akhirnya, setelah beberapa hari kirim-kiriman email dengan mereka, aku memutuskan untuk mengupgrade server ke Virtual Private Server(VPS) mereka. VPS itu seperti pertengahan antara Dedicated Server dan Shared Hosting. Agak rumit sih memang bagi yang awam dengan dunia perhostingan, tapi gampangannya Shared Hosting 1 komputer untuk beberapa ratus orang, VPS 1 komputer untuk 20-25 orang plus hak akses yang lebih besar, dan Dedicated Server 1 komputer milikmu sepenuhnya. Karena Shared Hosting dipakai ramai-ramai, batas memori yang diperbolehkan juga sedikit sekali. Dan aku sudah berkali-kali melanggar batas gara-gara jumlah trafficku plus websiteku yang mengijinkan direct download.

Dengan meng-upgrade menjadi VPS, diharapkan resource yang kudapat lebih mantab. VPS di LunarPages menawarkan 1000 G Bandwith, 20 G Data Storage, 512 Ram, dan CPU resource yang lebih besar. Namun, semakin tinggi sumber daya yang kita dapat semakin besar pula yang harus kita bayarkan. Dan ini juga berlaku di dunia perhostingan. Semula untuk Shared Hosting aku hanya membayar $10/bulan, sekarang aku harus membayar sebesar $40/bulan plus biaya pindahan 75$. Jadi total aku harus membayar sekitar $550. Ugh!!!

Masalah tidak berhenti di sana. Yang semula memakai CPanel sebagai interface untuk server, sekarang diganti dengan Plesk. Ah, kudu belajar lagi dari awal. Dengar-dengar bisa sih tetap memakai CPanel, tapi kudu mbayar lisensi 39$/bulan (!). Yah, hari ini aku baru saja selesai mengurus semua database + script di server baru. Setidaknya semua sudah bisa berjalan walau aku masih merasa banyak yang kacau.

Hmmm, sekarang tinggal melihat, apakah pendapatanku bisa menutupi pengeluaranku ini ~_~” Sementara ini sih masih besar pasak daripada tiang, tapi yang namanya usaha kan memang butuh modal hehehe.. Doakan saja semakin sukses 🙂

1 Comment

  1. You own a very interesting blog covering lots of topics I am interested as well.I just added your site to my favorites for being able in the future… Just continue your excellent artice writing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *