Bosan… (lagi)

Apa musuh terbesar bagi seorang blogger? Kalau kamu seorang blogger dan sudah menjalani kehidupan rutin blogger selama beberapa saat, maka kamu akan mengetahui jawabannya. Rasa malas dan jenuh adalah musuh terbesarmu. Blog saingan, SEO yang terpuruk, memang juga akan menjadi musuh dan hambatan, tapi itu tidak ada apa-apanya dibanding rasa malas dan jenuh.

Memang, selama aku menjadi blogger, banyak hal yang akan menjadi halangan. Seperti website saingan yang mengcopy-paste artikel-artikelmu, komentar yang menjelek-jelekkan blogmu dan banyak lagi. Tetapi sekarang aku menyadari, mengapa para blogger kawakan menyebut rasa malas dan jenuh sebagai musuh utama. Karena ketika kamu sudah malas dan jenuh, kamu bahkan tidak akan peduli lagi ketika blogmu sedang bermasalah ataupun sudah lama tidak di-update.

Memang, ketika setiap hari kamu harus nge-blog dan hal itu sudah menjadi rutinitas, pasti kamu suatu saat akan kehilangan inspirasi, motivasi untuk membuat posting baru. Bahkan nge-blog seolah-olah menjadi beban yang berat. Hal ini mutlak harus dihindari. Hanya saja, bukan hal yang mudah untuk mempertahankan semangat nge-blog. Saat ini aku juga sedang berusaha keluar dari rutinitas dan berusaha mencari motivasi baru. Semoga saja aku bisa keluar dari rasa bosan yang (lagi-lagi) melandaku ini 😉

2 Comments

  1. bosan emg itu sifatku bosan aku bosan
    lagunya nike ardilla ya kalo gak salah
    hehehe
    salam kenal

  2. My wife and I expect this 2052136749 stuff at

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *