Hati-Hati Penipuan!

Pagi ini saya mendapat berita yang mengejutkan dari seseorang. Ternyata nama saya beredar sejak kemarin di dunia maya (baca: twitter) karena ada yang melakukan penipuan dengan modus operandi yang cukup menjengkelkan.

Modus operandinya seperti ini:

1. Si Pelaku berjualan barang di twitter (dalam kasus ini, dia menjual Blackberry seharga 1.6 juta) dengan menggunakan akun twitter @hadiahspesial (akunnya sudah tidak aktif lagi).
2. Setelah mendapat calon korban, si Pelaku mengatakan ingin membeli balance Paypal dari saya seharga 1.6 juta.
3. Si Pelaku menyuruh orang yang ingin membeli barang tersebut untuk transfer ke rekening saya dan mengaku-aku bahwa itu rekening dia.
4. Si Pelaku mengatakan bahwa dia baru saja mentransfer uang sejumlah 1.6 juta ke rekening saya.
5. Saya mengecek rekening saya dan ternyata memang uangnya sudah masuk.
6. Saya mengirim balance Paypal senilai 1.6 juta ke akun Paypal si Pelaku (yang sayangnya tidak bisa saya dispute/cancel).
7. Si Pelaku kabur dengan meninggalkan korban yang hanya tahu nama dan no rekening saya, serta akun twitter dia .

Jujur saja, saya cukup shock dengan penipuan ini karena seakan-akan saya lah yang menipu korban. Dan setelah saya browsing, ternyata si Pelaku sudah lumayan sering beraksi di dunia maya.

Saya hanya bisa menyarankan sebaiknya pembelian barang yang cukup mahal dilakukan dengan CoD atau rekening bersama. Jika memang terpaksa anda yang mengirim uang duluan, sebaiknya di cek dulu bagaimana latar belakang penjual. Dan harga barang sebaiknya juga di cek, apakah cukup masuk akal. Penipu biasanya menjual barang dengan harga di bawah rata-rata untuk menarik pembeli. Bukan bermaksud menggurui, tapi cuma berbagi pengalaman karena saya sendiri juga sudah pernah menjadi korban penipuan di dunia maya (lihat post ini).

Dan akhir kata, dengan ini saya menyatakan: Saya tidak ada hubungan apa-apa dengan @hadiahspesial. Saya juga merupakan korban dari dia karena nama baik saya ikut tercemar. Semoga posting ini bisa menjernihkan kesalahpahaman yang mungkin terjadi dan bisa mencegah terjadinya korban lain.

2 Comments

  1. wah, parah yoo…. makin lihai dan cerdas cara menipunya! -,-

    • aliefmaksum /

      Iya chock, pinter banget ini modusnya.. Moga2 dia bisa cepat ketangkap..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *